MESIN LISTRIK LANJUT

Menyusutkan arus starting agar tidak over current

       Overcurrent (Arus Lebih) merupakan arus yang mengalir pada suatu rangkaian melebihi dari arus normal ketika beban penuh yang mengalir pada rangkaian motor tersebut. Overcurrent itu sendiri dapat terjadi dikarenakan overload (kelebihan beban) maupun short circuit (hubungan singkat) yang terjadi pada rangkaian. Pada rangkaian listrik untuk sebuah motor, over current (arus lebih) yang timbul merupakan arus yang yang mengalir kepada rangkaian  yang besarnya melebihi arus normal motor tersebut ketika motor dibebani penuh atau lebih dikenal dengan Full Load Amps (FLA).

        Arus short-circuit (Arus hubung singkat) merupakan arus overcurrent (arus lebih) yang sangat besar melebihi arus normal beban penuh yang mengalir pada sebuah rangkaian motor.  Arus ini akan mencari jalan terpendek disekitar jalur distribusi maupun disekitar beban untuk kembali kesumber. Baik arus overload maupun short circuit dapat menyebabkan kerusakan pada motor.

        Ketika motor AC dioperasikan, akan muncul arus inrush current yang sangat besar pada setengah siklus pertama gelombang. yang nilainya bisa 20 kali dari arus normal motor ketika dibebani penuh. Setelah setengah siklus pertama tersebut, motor akan mulai berputar dan arus listrik akan turun menjadi 4 sampai 8 kali dari arus normal selama beberapa detik. Setelah motor mencapai putaran normalnya, arus tersebut akan turun mencapai arus normalnya. Karakteristik starting sebuah motor dapat dilihat seperti pada kurva berikut ini :
1. Arus Motor


Spek motor servo palang parkir

Barier Gate MX-50 3.0s
2. Palang Parkir

       Specifications:

  • Motor AC
  • Working temperature -40°C to +75°C
  • Working cycle 50%
  • Power supply 220V±10% / 110V±10%
  • Rated power 120W
  • Opening time 1s, 3s, and 6s
  • Net weight 70KGS

Inti Besi Trafo Terbuat Berlapis-lapis

        Pada trafo dengan inti besi berbentuk shell, kumparan dikelilingi oleh inti besi. Fluks magnetik pada inti besi tipe shell akan terbelah dua. Sementara kumparan primer dan kumparan sekunder digulung bersamaan. Untuk trafo yang memiliki inti besi tipe tertutup.  Tidak ada pembagian fluk magnetik. Kumparan primer dan kumparan sekunder terpisah dan dihubungkan dengan inti besi.

        Inti besi trafo tidak dibuat berbentuk besi tunggal, tetapi dibuat dari pelat besi yang berlapis – lapis.Cara menghubungkan lapisan inti besi juga bermacam-macam.
3. hubungan inti besi
       Intinya dibuat berlapis agar mengurangi losses akibat edy current

Trafo Phase Shifting

        Didesain khusus untuk menekan nilai harmonik yang disebabkan oleh peralatan tertentu dalam sistem kelistrikan.

4. Trafo Phase Shift

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAGIAN-BAGIAN PADA GARDU INDUK

Aplikasi Menggunakapn TCP/IP Socket